Selasa, 15 Januari 2013


CONTOH KOPERASI SUKSES DI INDONESIA

Salah satu contoh koperasi sukses di Indonesia adalah :
Nama Koperasi             : Koperasi Sehati
Alamat                          : Jl. Warga No. 1-B Pejaten Barat
                                        Jakarta Selatan 12510



Koperasi Sehati merupakan salah satu Koperasi yang sukses hingga saat ini Koperasi Sehati masih bisa berdiri. Koperasi Sehati sudah berdiri selama 24 tahun sejak tahun 1987 s/d 2011. Berdasarkan data yang diperoleh, pada tahun 2005 Koperasi Sehati sudah memiliki anggota kurang lebih 1000 orang dan asset yang dimiliki diprediksi diatas 4 miliar.

Ø  Kesuksesan yang dimiliki Koperasi Sehati dari sisi Manjemennya yaitu :

Sistem komputerisasi akuntansi sudah dilaksanakan sejak tahun 2000, namun untuk transaksi anggota baru dilaksanakan pada tahun ini. Buku simpanan maupun Buku pinjaman anggota diganti semua dan semua transaksi anggota di cetak ke buku anggota secara otomatis. Dengan metode ini ternyata berdampak signifikan terhadap tingkat kepercayaan anggota, terbukti sejak saat ini Koperasi Sehati tidak lagi mengalami kekurangan dana yang pada akhirnya selalu punya hutrang kepada pihak lain (Puskopdit). Semua kebutuhan pinjaman anggota selalu tercukupi dari tabungan-tabungan anggota sendiri.

Koperasi Sehati sangat memegang teguh prinsip-prinsip Koperasi yang mengantarkan koperasi ini pada kesuksesan dan bisa terus berkembang hingga saat ini.

Ø  Prinsip-prinsip tersebut anatara lain :

1.       Keanggotaan yang sukarela dan terbuka
2.       Diawasi secara demokratis oleh anggota
3.       Partisipasi ekonomi anggota
4.       Otonomi dan kebebasan
5.       Kepedulian terhadap komunitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar